Daun Jati

Pohon jati ternyata memiliki banyak kegunaan, selain batangnya sudah sangat terkenal sebagai kayu bernilai tinggi, daun pohon jati bisa dijadikan bahan pembuat souvenir yang tidak kalah nilainya dengan kayu jati.

Di tangan yang seorang kreatif selembar daun pohon jati bisa bernilai puluhan ribu hingga ratusan rupiah.

Kreasi souvenir dari daun pohon jati ini antara lain dikembangkan oleh Zamrotin, pemuda asal kota Muara Enim, Sumatera Selatan.

Melalui tangan kreatif Zamrotin, daun jati yang selama ini hanya digunakan sebagai sarana pembungkus makanan, bisa menjadi kotak tissue, tempat pensil hingga jam dinding dan miniatur rumah.

Daun jati yang digunakan untuk membuat souvenir unik ini adalah daun jati yang lebar dan tanpa lubang. Daun jati yang telah memenuhi persyaratan lalu di proses pengawetan dan pengerasan dan dipotong sesuai pola yang diinginkan.

Usai proses pemotongan daun jati ditempelkan ke pola yang sudah dibentuk sebelumnya.

Sedangkan untuk mempercantik tampilan daun jati, daun jati bisa dihias dengan pernak – pernik dari biji – bijian yang berwarna – warni.

Untuk membuat sebuah kotak tissue misalnya, Zamrotin hanya membutuhkan satu lembar daun jati saja. Meski terkesan sederhana, namun kerajinan hasil karya Zamrotin ini mampu dijual dengan harga berkisar antara 25 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Hasil karyanya pun tidak hanya ditemui diwilayah Sumatera Selatan tapi telah menyebar ke sejumlah daerah di Pulau Sumatera dalam Souvenir Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *