Merchandise & Souvenir Khas Kota Makassar

Kota Makassar, Merupakan ibu Kota provinsi sulawesi Selatan salah satu Kota terbesar di Indonesia Timur dan masuk dalam 10 besar kota dengan penduduk terbesar di Indonesia, kota yang di juluki Kota Daeng ini pernah menjadi Kiblat Pendidikan Indonesia bagian timur, kota ini pernah di beri nama kota Ujung Pandang. berdasarkan data sensus penduduk tahun 2010, jumlah Penduduk Kota Makassar sebesar 1.338.663 Jiwa.

Berbicara tentang Souvenir khas atau oleh-oleh khas dari Kota Makassar, tentunya akan mencakup souvenir khas atau oleh-oleh dari semua wilayah di Provinsi Sulawesi Selatan, dan sudah barang tentu juga  banyak jenis souvenir yang khas dari Kota Makassar ini, namun disini kita akan menyebutkan souvenir khas yang memang paling menonjol dan yang sudah berlaku secara turun temurun bagi mereka yang hendak berkunjung ke Kota Makasar ini.

Kami akan mencoba akan meyebutkan satu persatu souvenir khas dari kota Makassar ini, mulai dari yang paling banyak di kenal hingga yang kurang di kenal,baik itu berupa barang yang bisa di bawa pulang, Seni Kerajinan tradisonal, masakah Khas, atau lainnya yang berkategori oleh-oleh atau souvenir ini. tentunya dalam penulisan ini mungkin saja terdapat kekeliruan, namun tidak ada salahnya jika tulisan ini menjadi rintisan artikel tentang souvenir khas kota Makassar ini. berikut adalah hasil kutipan tentang Souvenir yang khas dari Kota Makassar.

1.    Kain Tenun Bugis

Hampir semua daerah di Indonesia mempunyai kain khas. Jika Sumatera Barat punya songket khas Pandai Sikek, Makassar memiliki kain tenun Bugis. Dengan corak dan warna yang beragam merupakan salah satu souvenir unik di Makassar. Dalam jenis katun dan sutera dengan harga Rp 35-200 ribu/meter.

2.    Sarung Tenun bugis

Kaum adam senang dengan sarung tenun khas Bugis. Ini adalah kain sarung yang merupakan dari kain tenun. Harganya mulai dari Rp 20 ribu sampai ratusan ribu per buah. Semua tergantung jenis bahan yang digunakan.

3.    Songkok to Bone

Setelah kain tenun Bugis, ad juga songkok yang merupakan kopiah Makassar cukup khas ketimbang songkok dari daerah lain. Dibuat dari anyaman rotan dengan warna kuning. Namun harga satu songkok adalah Rp 200.000.

4.    Minyak Gosok Cap Tawon

Nama Minyak Gosok Cap Tawon pasti pernah kita dengar. Banyak para wisatawan yang liburan di kota Makassar yang senang membeli minyak gosong karena bermanfaat dalam menyembuhkan banyak penyakit. Hadir dalam dua macam yaitu tutup botol merah dan putih dengan harga Rp 90.000 dan Rp 230.000.

5.    Balsem Cap Tawon

Balsem Cap Tawon juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Makassar yang tak boleh ketinggalan dibeli. Memiliki nama yang sama, balsem ini hadir dengan aroma dan kehangatan yang sama dengan Minyak Gosok Cap Tawon. Anda bisa mendapatkan balsem ini dengan harga Rp 8.500/buah.

6. Dompet etnik

Dompet etnik ini merupakan salah satu oleh-oleh yang harus menjadi pilihan para wisatawan ketika berkunjung ke Kota makassar. Dompet ini khas dari berbagai etnik di Sulawesi selatan, seperti motif sutera, motif Tana Toraja, motif Batik dan masih banyak lagi. Anda bisa mendapatkan buah tangan ini dengan cukup merogoh kantong sebesar Rp.10.000/ biji. Souvenir Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *