4 Oleh-Oleh Khas Kalimantan

Terkenal karena pasar terapungnya yang unik, Kalimantan Selatan sudah banyak dikunjungi turis untuk liburan. Jika berkunjung ke sana, jangan sampai lewatkan 4 oleh-oleh khasnya.

Beberapa waktu lalu, Souvenir Indonesia  sempat berkunjung ke Kalimantan Selatan. Selain Pasar Terapung, ada satu tempat lagi yang juga ramai dikunjungi pelancong, yaitu Pasar Berlian Martapura. Mereka sibuk berburu aneka suvenir khas Kalimantan Selatan.

Mau tahu oleh-oleh apa yang diburu turis untuk dibawa pulang ke kota asal? Di antaranya adalah :

1. Sasirangan

Sasirangan adalah kain sejenis batik khas Kalimantan Selatan. Anda bisa menemukannya di banyak toko yang ada di Banjarmasin atau Martapura.

Motif dan pewarnaan yang ada di sasirangan cukup khas dan berbeda dibanding kain dari daerah lain. Jadi, kalau sudah pernah melihat sebelumnya, pasti Anda bisa langsung mengenali mana batik sasirangan hanya dengan sekali melihat.

Sama seperti batik di Yogyakarta, Sasirangan yang ada di Kalimantan Selatan dijual dalam berbagai jenis. Ada kain, daster, kemeja, hingga kaos. Bahan yang tersedia juga macam-macam, mulai kaos, katun hingga sutera.

Salah satu tempat asyik untuk berburu kain sasirangan adalah Pasar Martapura. Di sini, banyak jejeran toko yang menjual aneka jenis sasirangan. Harganya pun beragam. Untuk sasirangan berbahan katun dikenai harga berkisar Rp 150.000, sedangkan yang berbahan sutera sekitar Rp 210.000. Tapi tenang saja, semua harga itu masih bisa turun jika Anda menawar.

2. Aneka batu mulia

Ini dia incaran pertama kebanyakan traveler, aneka batu mulia seperti intan dan permata. Salah satu kota di Kalimantan Selatan, yaitu Martapura dikenal sebagai penghasil intan berlian. Ada tempat pendulangan intan di sana. Toko-toko yang menjual perhiasan bertahta intan berlian juga tersebar.

Di Martapura, ada dua tempat penjualan aneka kerajinan batu permata, yaitu Pasar Batu dan Pasar Cahaya Bumi Selamat. Keduanya dipenuhi oleh toko yang menjual perhiasan, mulai dari gelang, cincing, kalung hingga anting.

Jika ingin membawa oleh-oleh untuk kerabat di kota asal, Anda bisa membelikan gelang atau kalung batu alam. Harganya berkisar dari Rp 15.000. Namun, jika ingin membeli oleh-oleh yang lebih mahal Anda bisa memilih cincin permata atau blue sapphire.

3. Dodol Kandangan

Bukan cuma soto Banjar, Kalimantan Selatan juga punya kuliner lain yang lezat, yaitu dodol Kandangan. Sesuai namanya, dodol ini berasal dari Kandangan, salah satu kota yang ada di Kalimantan Selatan.

Sebenarnya, tidak ada perbedaan jauh antara dodol Kandangan dengan dodol lain. Yang membedakan hanyalah ukurannya yang lebih tipis dan manis. Bikin siapa saja yang menikmati ingin mencicipi lagi dan lagi.

Sama seperti dodol yang biasa Anda cicipi, dodol Kandangan juga memiliki banyak rasa. Beberapa di antara yang paling sering diburu pelancong adalah durian dan manis.

Dodol Kandangan cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari Kalimantan Selatan. Biar lebih afdhal, belilah dodol ini langsung dari kota asalnya, yaitu Kandangan. Ada jejeran toko yang menjual dodol lezat ini. Harganya sekitar Rp 75.000/10 bungkus. Masing-masing bungkus memiliki berat 60 gram.

4. Kerupuk amplang

Oleh-oleh lain yang juga harus dibawa sepulang dari Kalimantan Selatan adalah kerupuk amplang. Ini adalah kerupuk yang diincar banyak traveler karena rasanya yang begitu gurih.

Kerupuk amplang terbuat dari ikan tenggiri. Sekali menggigit, rasa ikan langsung terasa ke seluruh mulut. Ukurannya yang kecil-kecil membuat kerupuk ini pas untuk dijadikan cemilan.

Biasanya, turis menikmati kerupuk ini bersama mie rebus atau pun bakso. Yummy! Untuk mendapatkannya, turis bisa datang ke banyak toko penjual oleh-oleh. Biasanya, kerupuk ini dijual seharga Rp 25.000/250 gram. Souvenir Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *