Pesona Angklung Yang Menawan

Siapa yang tidak mengenal alat musik khas Indonesia dari bambu ini. Ya, angklung merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang sangat eksotis. Angklung berasal dari daerah Jawa Barat, terutama daerah Sunda. Awal mula lahirnya angklung diakarenakan daerah Jawa Barat (Sunda) kala itu sangat banyak menghasilkan bambu, dan masyarakat setempat banyak menjadikan bambu sebagai alat musik yakni angklung.

Angklung dimainkan dengan cara digoyang. Bunyi pada alat musik ini dihasilkan dari getaran bambu yang membentur tiang pembentuknya. Dulunya permainan angklung dijadikan sebagai penghormatan masyarakat Sunda ketika mau menanam padi atau pada waktu musim penanaman padi. Sekarang musik angklung semakin berkembang, bahkan banyak sekolah-sekolah yang memasukkan angklung sebagai kurikulum pendidikan.

Nada yang dihasilkan pada angklung pada mulanya bersifat pentatonik atau rangkaian lima nada, tapi seiring perkembangan musik nada pada angklung dirubah menjadi diatonik atau susunan tujuh nada, dari do re mi fa sol la si do. Dengan penggubahan nada tersebut, permainan angklung sudah bisa digabungkan dengan alat musik modern saat ini.

Jenis bambunya pun juga pilihan, yakni bambu hitam dan bambu putih, ini dikarenakan suara yang dihasilkan lebih utuh. Bentuknya yang unik membuat alat musik ini kerap menjadi perhatian masyarakat luar negeri, bahkan banyak wisatawan mancanegara yang belajar angklung di Indonesia. Indonesia sendiri juga sering mengirim duta angklung untuk bermain di luar negeri, sungguh karya budaya bangsa yang bernilai tinggi.

Lagu yang sering dimainkan dengan angklung biasanya seputar lagu-lagu daerah Indonesia, seperti manuk dadali, cing cangkeling dll, tetapi sekarang kolaborasi musik modern dengan angklung semakin tinggi hingga permainan angklung merambah pada lagu-lagu popular saat ini. Di Jawa Barat didirikan pula tempat untuk mempelajarai angklung, letaknya di Saung Angklung Mang Udjo. Banyak sekali yang tertarik dengan alat musik ini tidak hanya orang dewasa tetapi anak-anakpun juga menyenangi permainan angklung yang eksotis. Permainan angklung pun berkembang dalam dunia pendidikan ini tercetus sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 082 tahun 1968 tentang Musik Angklung sebagai alat musik pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *