Benteng Fort Rotterdam, Wisata Sejarah yang Ada di Makassar

Mengisi waktu liburan dengan datang ke tempat bersejarah adalah hal yang tidak kalah seru dengan berwisata ke objek rekreasi yang punya banyak wahana permainan. Nah, bicara soal wisata sejarah, Makassar punya sebuah wisata sejarah yang sudah terkenal, yakni Fort Rotterdam. Menjadi ibu kota Sulawesi Selatan dan juga menjadi daerah di Indonesia Timur yang punya wikayah besar, tempat wisata di Makassar pun banyak yang menarik, dan salah satunya adalah wisata sejarahnya di Fort Rotterdam. Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah benteng peninggalan dari Kerajaan Gowa-Tallo. Benteng ini sendiri diketahui sudah berdiri sejak 1545 silam oleh Raja Gowa yang ke-9. Banyak hal menarik yang bisa didapatkan dari Fort Rotterdam. Salah satunya ialah bentuk dari

Fort Rotterdam yang unik, dimana bentuknya hampir menyerupai penyu yang mau turun ke laut. Bentuk tersebut juga memberikan filosofi dari Kerajaan Gowa. Fort Rotterdam juga biasa disebut sebagai Benteng Ujung Pandang atau juga Benteng Panyyua lantaran juga bentuk bangunan yang hampir mirip dengan penyu. Awalnya Fort Rotterdam sendiri didirikan dari tanah liat. Akan tetapi ketika masa pemerintahan kerajaan Gowa yang ke-14 pimpinan Sultan Alaluddin, bangunan yang satu ini mengalami perubahan jadi dibangun dari batu padas yang asalnya didapat dari Pegunungan Karts di kawasan Maros. Dahulu kala tempat wisata di Makassar yang penuh dengan sejarah ini digunakan sebagai tempat tinggal Raja serta keluarga Kerajaan serta di dalamnya sendiri terdapat rumah panggung khas Gowa.

Pada kompleks tempat wisata di Makassar yang penuh sejarah ini juga ada Museum La Galigo, dimana dalam museum ini ada banyak sekali referensi sejarah mengenai Gowa- Tallo serta daerah lain yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Di dalam Musem La Galigo sendiri terdapat ribuan benda yang sangat bersejarah. Mulai dari kolek prasejarah, keramik asing, numismatik, naskah, serta juga etnografi. Sebagian besar gedung Fort Rotterdam masih utuh, oleh sebab itulah Fort Rotterdam masih menjadi salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi di Makassar. Nilai sejarah yang begitu besar dapat diperoleh bagi siapa saja yang berkunjung kesini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *