Rasakan Sensasi Traveling Mengarungi Sungai Bawah Tanah dengan Cave Tubing di Gua Pindul

 

Para traveler yang memilih Yogyakarta sebagai tujuan untuk traveling tidaklah lengkap jika tidak menyempatkan untuk datang ke Gua Pindul dan merasakan sensasi mengarungi sungai bawah tanah dengan cave tubing disini. Letaknya berada di kecamatan Karangmojo Gunungkidul – Yogyakarta. Panjang dari Gua Pindul sendiri adalah kurang lebih 35m dan lebarnya mencapai 5 meter dengan jarak permukaan air dengan atap gua 4 m dan kedalamannya 5 sampai 12 m. Terdapat 3 zona pada tempat traveling di Yogyakarta yang satu ini, yaitu zona terang, zona remang dan juga zona gelap. Waktu untuk menempuh cave tubing Gua Pindul adalah kurang lebih 45 menit.

Sebelum melangkah lebih jauh lagi, bagi anda yang tidak mengetahui apa itu cave tubing, kegiatan yang satu ini tidak berbeda dengan rafting atau arung jeram. Apabila arung jeram atau rafting yang diarungi adalah sungai dengan debit air yang deras, namun untuk cave tubing yang diarungi adalah perairan di dalam gua dan alat untuk mengarunginya adalah ban, bukan perahu karet seperti arung jeram. Mengarungi sungai memakai ban mungkin terdengar biasa, namun bagaimana kalau menyusurinya di dalam gua ? Akan sangat menyasikan bukan ? Anda akan mendapatkan pengalaman berpetualang yang mengesankan. Siapapun bisa merasakan sensasi mengarungi sungai dibawah gua dengan cave tubing Gua Pindul lantaran memang aliran airnya sangat tenang sehingga tidak terlalu membahayakan. Untuk melakukan cave tubing di Gua Pindul tidak memerlukan peralatan yang terlalu khusus, para wisatawan cuman perlu memakai ban pelampung, life vast dan juga head lamp yang semuanya telah disediakan disini oleh pengelola. Ketika menyusuri tempat traveling di Yogyakarta yang satu ini, anda akan menemui banyak stalagtit dan juga stalagmit yang menyatu sehingga bagaikan sebuah pilar yang berdiri. Menurut informasinya stalaktit yang ada di Gua Pindul ini merupakan peringkat nomor 4 terbesar di dunia.

Waktu terbaik untuk melakoni cave tubing di Gua Pindul adalah pagi hari karena anda juga akan merasakan kesejukan alam di Yogyakarta. Di pagi hari yang cerah, anda akan merasakan sensai yang lebih berkesan saat mengarungi sungai pada tempat wisata di Yogyakarta yang satu ini. Karena di pagi hari sekitar pukul 9 atau 10 pagi anda dapat menyaksikan keindahan dinar matahari yang masuk melalui celah besar dari atap gua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *