What Is Culture Unique In Indonesian?

What is culture in our country? Berbicara mengenai budaya Indonesia memang tak ada habisnya, mengingat negara ini termasuk yang paling banyak memiliki kebudayaan. Kita sendiri menyadari bahwa masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai pulau dengan suku yang berbeda-beda. Tentunya ia memiliki adat-istiadat hingga makanan khas yang beragam, inilah yang membuat negara ini lebih kaya dibandingkan dengan yang lainnya.

Hal semacam ini patut untuk dibanggakan dan rak lupa untuk selalu dilestarikan agar tak sampai di ambil bangsa lainnya. beberapa jenis kebudayaan yang ada di dalam negeri mungkin tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan culture-culture budaya luar. Apalagi yang masih satu pulau atau rumpun dengan bangsa Indonesia. Hanya saja ternyata banyak diantara kebudayaan Indonesia yang benar-benar unik dan tak akan dapat ditemukan di negara lainnya, kecuali dalam negeri, Anda patut menyimak informasi berikut ini:

1.    Ritual tiwah, salah satu hal unik yang masih dilakukan oleh suku Dayak hingga saat ini adalah ritual tiwah. Ia adalah sebuah upacara keagamaan yang difungsikan untuk mengantar tulang belulang masyarakat yang sudah meninggal ke tempat peristirahatan. Agak unik memang karena mayat tersebut nantinya akan dibongkar dari kuburan dan tulang belulangnya dilakukan sebuah upacara khusus, mulai dari tarian hingga nyanyian, agar kritis namun cukup unik.

2.    Pasola, ia adalah upacara yang dilakukan oleh warna NTT, umumnya diadakan di bulan Februari, jadi jika Anda ingin melihatnya berkunjunglah pada bulan tersebut. Merupakan sebuah upacara yang melempar lembing kayu di atas kuda, namun tentunya ada serangkaian prosesi menarik sebelumnya.

3.    Makepung, ia adalah tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat asli Bali, makepung sendiri memiliki arti balapan kerbau. Dimana binatang ini memang sangat disucikan oleh pemeluk agama Hindu, sehingga hanya digunakan pada acara-acara tertentu saja, haram bagi mereka untuk membunuh apalagi memakannya.

4.    Karapan sapi, tak jauh berbeda dengan makepung yang dilakukan di Bali, karapan sapi ini adalah tradisi kas dari masyarakat Madura, pada bulan-bulan tertentu ia akan mengadakan sebuah perlombaan sapi dengan trek 100 meter.

5.    Kasada, inilah yang paling menarik dan banyak ditunggu oleh wisatawan asing yang datang ke Indonesia. Upacara kasada dilakukan oleh suku yang tinggal di Gunung Bromo. Mereka mengadakan persembahan untuk dewa yang dianggap menghuni wilayah tersebut dengan cara melemparkan sesajen ke kawah Bromo.

Tentunya jenis upacara-upacara tersebut hanya ada di Indonesia saja. Sekarang Anda bisa menjawab sendiri bukan what is culture Indonesian?. Sebagai warna negara Indonesia yang memiliki begitu banyak budaya kita patut berbangga. Karena ini bisa jadi hal yang dapat menarik wisatawan asing untuk datang ke dalam negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *