Khasiat Apple Cider Vinegar dalam Kehidupan Sehari-Hari

Vinegar atau cuka atau bahasa ilmiahnya yakni asam asetat (CH3COOH) seperti yang telah kita ketahui, selain sebagai penyedap rasa pada makanan, vinegar juga bisa digunakan sebagai campuran untuk kecantikan dalam mengatasi jerawat, kulit berminyak dan kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari. Selain itu vinegar bahkan bisa digunakan sebagai campuran pembersih. Dengan sifatnya yang korosif juga dapat membantu kita membersihkan kotoran atau noda membandel. Kira-kira vinegar dapat kita buat untuk membersihkan apa saja ya? Marilah baca penjelasan berikut.
Vinegar atau cuka memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai campuran pembersih atau desinfektan. Desinfektan adalah substansi kimia yang berguna untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme dengan menghalangi atau merusaknya dan biasa digunakan pada benda benda mati.
Sebagai desinfektan, cuka memiliki sifat sebagai berikut:
1. memiliki kemampuan untuk mematikan berbagai macam mikroorganisme, atau aktif sebagai antimicrobial.
2. tidak bersifat racun bagi makhluk hidup selagi dalam takaran yang wajar.
3. larut dalam air.
4. stabil bila didiamkan dalam suhu kamar.
5. yang paling ajaib adalah vinegar dapat menghilangkan bau tidak sedap, meski pada umumnya vinegar memiliki bau tidak sedap.
6. berkemampuan sebagai detergen.
7. tidak merubah warna atau merusak kain.
Dan lain-lain.
Vinegar dapat kita gunakan sebagai pembersih peralatan rumah tangga, misalnya sebagai pembersih meja dapur dengan membuat larutan terdiri dari air, tangkai rosemary, setengah potong lemon dan setengah potong jeruk dalam toples ukuran satu liter, setelah itu simpan satu samai dua hari. Cairan tersebut juga bisa digunakan untuk membersihkan bitnik pada karpet.
Ketika melihat jendela rumah kita atau cermin di rumah kita kotor, jangan khawatir. Kita dapat membuat cairan pembersihnya sendiri di rumah selagi ada vinegar. Dalam hal ini kita dapat campurkan vinegar dengan air dan deterjen, tentunya sebagai pembersih kaca pada jendela dan lain lain dengan perbandingan vinegar 2 : air 0,25 : deterjen 0,5 , simpan dan kocok dalam botol penyemprot agar lebih praktis. Akan lebih bersih apabila dan tidak meninggalkan bekas jika kita menggunakan koran untuk mengelapnya.
Di rumah, kita juga akan merasa risih dengan bau hewan peliharaan yang membandel pada kursi atau karpet yang disinggahi oleh hewan peliharaan kita. Kita dapat mengusapkan vinegar yang dituangkan pada kain lap atau kapas pada benda-benda yang terkena bau tersebut.

Vinegar juga bisa kita gunakan untuk membersihkan saluran, bagai mana caranya? Yakni dengan menuangkan seperempat cangkir baking soda dan setengah cangkir cuka kedalamnya, lalu tutup saluran air tersebut, diamkan selama 15 menit kemudian siram dengan air mendidih. Kuncen dari kegunakan vinegar juga yaakni untuk membersihkan toilet. Kita dapat dengan mudah membuat larutan pembersih tersebut dengan bahan dan perbandingan sebagai berikut, yakni seperempat cangkir baking soda berbanding dengan secangkir vinegar. Tuangkan larutan tersebut kedalam mangkuk lalu siramkan ke bagian toilet yang hendak dibersihkan. Tunggu satu setengah jam, sikat sampai bersih lalu bilas dengan air.
Menariknya, jenis cuka apel (apple cider vinegar) lah yang paling populer dalam komunitas kesehatan. Apple cider vinegar mengklaim bahwa banyak hal bermanfaat dari cuka apel yang telah di dukung oleh penelitian ilmiah. Manfaat Apple cider vinegar termasuk diantaranya menurunkan berat badan, memproduksi kolesterol, menurunkan kadar gula dalam darah dan dinilai mampu juga untuk mengatasi diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *